Kamis, 17 Januari 2013

tugas 3. informasi resource management



Informasi Resource Manajemen

Informasi resource management merupakan salah satu hal yang penting dalam pengelolaan intuisi. ia merupakan proses bagaimana menyebarkan sumberdaya ketika dibutuhkan dengan efisien dan efektif.

Dalam skala industri, resource management meliputi sumber keuangan, inventori, keahlian SDM, sumber daya produksi maupun IT. Dalam dunia manajemen proyek, proses teknik dan filosofi untuk pendekatan yang terbaik untuk mengalokasikan sumber daya yang telah dikembangkan. Seperti halnya dengan disiplin yang lebih besar dari manajemen proyek , ada pengelolaan sumber daya perangkat lunak alat yang tersedia yang mengotomatisasi dan membantu proses alokasi sumber daya untuk proyek-proyek dan portofolio visibilitas sumber daya termasuk penawaran dan permintaan sumber daya. Dan resource management ini sangat terkait dengan strategic management.

Dalam konservasi , manajemen sumber daya adalah serangkaian praktek yang berkaitan dengan bagaimana menjaga integritas sistem alam (Natural Resource Management). Contoh bentuk pengelolaan sumber daya udara pengelolaan, konservasi tanah , kehutanan , satwa liar dan pengelolaan sumber daya air manajemen.

sebuah perusahaan menerapkan IRM, maka harus ada tiga unsur utama, yaitu:

1. Eksekutif puncak bagian komputer melaporkan secara langsung kepada pimpinan dan ia diberi titel Chief Information Officer (CIO) atau kepala bagian informasi.

2. CIO turut ambil bagian dengan eksekutif lain dalam menyusunan rencana jangka panjang untuk organisasi.

3. Salah satu rencana jangka panjang tersebut harus dibuat agar kebutuhan informasi dapat memberi kepuasan pelayanan melalui komputerisasi personal (mikrokomputer), dengan penggunaan komputer remote dari terminal, penggunaan kompurisasi terpusat.

IRM adalah kebijaksanaan yang bersifat formal terhadap manajemen sumber informasi, dan akan menjadikankeadaan yang dinamis dan bahkan kondisi yang lebih baik dalam penggunaan komputer

Manajemen Sumber Daya Informasi Amerika ilmuwan Horton (FWHorton) dan Marchand (DAMarchand), yang adalah pendiri teori IRM, para peneliti dan praktisi yang paling berwibawa. IRM risalah mereka tentang banyak hal utamanya adalah:

(1) Sumber Daya Informasi (InformationResources) dan manusia, material, keuangan dan sumber daya alam sebagai sumber daya penting untuk semua bisnis, jadi harus sumber daya lain seperti manajemen, sumber daya manajemen informasi. IRM adalah bagian penting dari manajemen perusahaan, manajemen perusahaan harus disertakan dalam anggaran.

(2) IRM, termasuk manajemen data sumber daya dan manajemen informasi pengolahan. Yang pertama menekankan kontrol data, yang berkaitan dengan manajemen perusahaan dalam kondisi tertentu, bagaimana untuk mendapatkan dan memproses informasi, dan menekankan pentingnya sumber daya informasi perusahaan.

(3) IRM adalah fungsi manajemen baru perusahaan untuk menghasilkan fungsi baru ini dimotivasi oleh perkembangan informasi dan dokumentasi, dan teratur pada semua tingkat manajemen untuk memperoleh informasi dan memproses informasi dengan cepat dan mudah kebutuhan mendesak.

(4) tujuan IRM adalah untuk meningkatkan kondisi dinamis dan statis berhubungan dengan informasi internal dan eksternal kebutuhan untuk meningkatkan efektivitas manajemen. mengejar IRM dari "3E" - Efisien, Efektif dan ekonomis, yang efisien, efektif dan ekonomi; "3E" dekat hubungan antara kendala bersama.

(5) tahap pengembangan IRM's. 20 abad 90an, IRM dapat dibagi ke dalam perkembangan fisik kendali, manajemen teknologi otomatis, manajemen sumber daya informasi dan pengetahuan manajemen dalam empat tahap. Setiap tahap perkembangan, dapat menjadi kekuatan pendorong, tujuan strategis, teknologi dasar, manajemen, status organisasi dan faktor-faktor lainnya dibandingkan.


jadi,
IRM adalah konsep manajemen sumber informasi yang mengenal informasi sebagai sumber organisasional utama yang harus dikelola dengan tingkat kepentingan yang sama seperti sumber organisasional dominan lain seperti orang, keuangan, peralatan & manajemen. Namun harus adanya perencanaan strategi formal untuk sumber-sumber informasi dan harus menyadari bahwa pelayanan informasi sebagai area fungsional. Selain itu juga harus memasukkan sumber-sumber informasi dalam perencanaan strategi.

sumber :
http://chain-cane.blogspot.com/2010/11/manajemen-sumber-informasi-information.html
http://www.tesaputra.com/id/bidang-keahlian/manajemen-resource.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar