Selasa, 03 April 2012

022. kanada



Kanada, secara historis dikenal sebagai Dominion of Canada, adalah negara paling utara di Amerika Utara. Merupakan federasi dari 10 provinsi dan 3 teritori dengan sistem desentralisasi dan pemerintahan berbentuk monarki konstitusional. Dibentuk tahun 1867 dengan undang-undang Konfederasi.

Ibu kota Kanada adalah Ottawa, tempat parlemen nasional dan juga tempat tinggal Gubernur Jenderal dan Perdana Menteri. Merupakan bekas jajahan Perancis dan Britania Raya, Kanada adalah anggota La Francophonie dan NegaraPersemakmuran.

Kanada merupakan negara terluas di Amerika Utara. Luas negara Kanada 9.970.610 kilometer persegi.

Kanada digolongkan negara maju dan ekonominya tergantung terutama pada ketersediaan hasil alam yang melimpah.

bendera kanada


Ibu kota Kanada ialah Ottawa, tempat Parlemen negara berada. Gubernur Jenderal Kanada, yang menjalankan hak istimewa pribadi yang diutus kerajaan, dan Perdana Menteri, yang merupakan kepala pemerintahan, memiliki tempat tinggal resmi di Ottawa.

Awalnya merupakan sebuah persatuan dengan bekas Kekaisaran kolonial Perancis dan Koloni Britania, Kanada merupakan sebuah Realm Commonwealth. Dia merupakan anggota pendiri PBB, Persemakmuran, dan La Francophonie. Kanada memiliki dua bahasa resmi:
Perancis adalah bahasa mayoritas Quebec, dan banyak digunakan di New Brunswick; dan juga dipergunakan diOntario bagian timur, utara dan barat daya; dan di komunitas tertentu di seluruh Kanada Atlantik dan Kanada Barat.
Inggris adalah bahasa mayoritas di tempat lainnya dengan pengecualian di beberapa komunitas dan teritoriNunavut yang mayoritas populasinya berbicara Inuktitut.

Kanada merupakan negara industri dan teknologi maju, berkecukupan dalam pengadaan energi dikarenakan tersedianya bahan bakar fosil, energi nuklir, dan tenaga hidroelektrik. Ekonominya bergantung pada banyaknya sumber daya alam dan perdagangan, terutama dengan Amerika Serikat, di mana Kanada memiliki hubungan yang luas dan panjang (lihat Hubungan AS-Kanada). Meskipun modern, ekonomi Kanada tetap meluas, sumber daya alam tetap sebagai kekuatan yang mengendalikan ekonomi negara tersebut.

Kanada memiliki 10 provinsi dan 3 territori.

Kota utama lainnya termasuk Montreal, Vancouver, dan Calgary. Lihat Daftar kota di Kanada.

Nama "Kanada" dipercaya berasal dari kata Huron-Iroquoia Kanata, berarti "desa", "permukiman", atau "kumpulan pondok"

sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar