Rabu, 11 April 2012

044. kanker tak memandang tua dan muda


Gateshead, Inggris, Bila melihat senyumnya yang lucu, Anda mungkin tidak akan menyangka bahwa bayi mungil ini sudah didiagnosis kanker langka sejak berusia 15 minggu. Bahkan ia sudah menjalani 4 kali kemoterapi saat usianya belum genap 7 bulan.

Lima hari sebelum Natal, Philippa Jane Goymer (7 bulan) didiagnosis dengan rhabdomyosarcoma, yaitu jenis kanker langka yang menyebabkan tumor berkembang dari otot dan dapat tumbuh di bagian manapun dari tubuh.

Ketika Philippa baru berusia 12 minggu, ibundanya Cassie (31 tahun), yang sedang mengganti popok melihat ada sekelompok tanda di kulit yang berdarah. Cassie langsung menelepon tenaga medis dan Philippa pun diminta ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan.

Cassie dan suaminya Philip (31 tahun) sangat terkejut ketika mendengar putri kecilnya didiagnosis dengan penyakit langka. Philippa pun akhirnya harus dirujuk je Royal Victoria Infirmary di Newcastle Inggris.

Sekarang di usianya yang baru menginjak 7 bulan, Phillipa telah melalui 4 putaran kemoterapi yang melelahkan dan akan menghadapi 5 kemoterapi lainnya.

"Tak pernah sekalipun Anda ingin bermimpi dan membayangkan membawa bayi Anda ke rumah sakit dan diberi tahu bahwa dia menderita kanker. Ini mengerikan bagi seluruh keluarga, tapi dia begitu kuat," ujar Cassie, yang berasal dari Gateshead, Inggris, seperti dilansir Dailymail, Rabu (11/4/2012).

Phillipa yang akrab dipanggil Pip, sudah menjalani dua kali operasi termasuk satu untuk mengangkat tumornya. Keluarga harus mencari tahu apakah ia juga perlu menjalani radioterapi.

"Dia begitu kecil dan begitu muda, juga tidak melakukan sesuatu yang salah. Jadi mengapa ia harus melalui semua ini?," ujar ayahnya, Philip, yang bekerja sebagai penasihat teknis untuk Orange.

Philip menceritakan bagaimana Pip yang mungil kuat menghadapi kemoterapi. Setelah kemoterapi terakhirnya, Pip harus minum susu. Namun efek kemoterapi membuatnya memuntahkan susu tersebut, tapi lima menit kemudian Pip kecil sudah kembali tertawa, layaknya bayi kecil yang bahagia.

Cassie dan Philip mengatakan mereka telah terbebani dengan dukungan yang diterima dari keluarga dan teman-teman. Pasangan ini pun berencana untuk mengambil bagian dalam The Children's Cancer Run di Newcastle



sumber : http://health.detik.com/read/2012/04/11/160239/1890005/1202/bayi-lucu-yang-harus-kuat-jalani-kemoterapi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar